Jumat, 20 November 2015

Cara agar tidak tertipu saat membeli motor baru

Di jaman sekarang sudah banyak sekali dealer motor dengan berbagai macam sales yang menawarkan harga dan DP motor yang murah.
Tapi kita sebagai konsumen harus lebih berhati - hati lagi agar uang kita tidak di bawa lari oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.
Di kesempatan ini saya akan memberitahu cara agar kita tidak tertipu saat membeli kendaraan baru.
1. Pastikan Dealer yang akan kita ambil.
    Kita bisa tanyakan kepada sales, Nama dan alamat dealernya serta no.Telp. Setelah mendapatkannya kita bisa mencari (searching) di internet dengan nama dealer tersebut atau bisa langsung telp kantor dealer tersebut.
2. Pastikan kita tidak pernah memberikan uang kepada Sales.
    Jangan pernah kita memberikan uang DP atau uang seharga motor cash kepada sales. Jika sales meminta untuk di bayarkan terlebih dahulu, lebih baik kita meminta nomor rekening dealer saja. Atau kita bisa bilang ke sales untuk memberikan uangnya saat motor kita terima.
Untuk pengajuan kredit pastikan membayar angsuran di tempat yang telah di sediakan oleh leasing.
3. Pastikan Unit (kendaraan) yg kita terima Baru.
    Cek kembali unit yang akan kita terima dari driver (supir) sebelum kita menandatangani surat jalan dari dealer, pastikan warna dan motornya sesuai dengan yang kita pesan, jangan diterima bila unit tidak sesuai standar yg ada.
4. Pastikan surat-surat kendaraan.
    Tanyakan berapa lama proses untuk pembuatan STNK, PLAT dan BPKB, agar kita bisa perhitungkan berapa lama jangka waktu dari kendaraam datang dengan surat-suratnya.
5. Pastikan kelengkapan kendaraan.
    Cek kembali toolkit, buku panduan, Helm, Jaket, Buku Service, dan hadiah yang dijanjikan (jika ada), bila semuanya belum lengkap kita berhak bertanya kepada driver (supir).

Dan harus di ingat jangan menandatangani apapun jika belum lengkap, dan belum jelas.

Semoga kita semua terlindungi dari hal-hal buruk. Dan tetap harus berhati-hati.
Terimakasih,

Ryan (Salam Satu Hati)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar